Tidak Nyaman Punya Perut Buncit? Ini 10 Olahraga Tercepat Mengecilkannya

Sabtu, 19 Maret 2022 | 21:25 WIB Sumber: Kompas.com
Tidak Nyaman Punya Perut Buncit? Ini 10 Olahraga Tercepat Mengecilkannya


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan. Namun, olahraga apa saja yang paling efektif mengecilkan perut buncit?

Ada banyak olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Namun, olahraga bukan satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak perut membandel.

Selain olahraga, penting untuk menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan, termasuk mengerapkan pola makan sehat, mengelola stres, dan tidur cukup, agar bisa berhasil mengecilkan perut buncit.

Lemak perut yang menciptakan perut buncit tak hanya mengganggu penampilan dan membuat kita sulit menemukan pakaian yang pas. Lemak perut berlebih juga berkaitan dengan sejumlah risiko penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Olahraga mengecilkan perut buncit

Para pelatih dan profesional kebugaran mengatakan bahwa menargetkan satu area tubuh tertentu tidaklah mungkin. Sebagai cara mengecilkan perut buncit, kita perlu menerapkan pola hidup sehat secara keseluruhan.

Namun, menurut pelatih kebugaran dan pakar nutrisi sekaligus creator Cultivate by Corey Fitness Program, Corey Phelps, ada sejumlah gerakan olahraga yang berfokus pada otot inti dan baik untuk membakar lemak di seluruh tubuh dan menghasilkan inti yang kuat, yang pada akhirnya membantu menghilangkan lemak perut.

Sementara menurut pelatih selebriti dan pakar nutrisi Jillian Michaels, penting untuk melakukan kombinasi latihan kardio, kekuatan, dan inti sebagai olahraga mengecilkan perut.

Baca Juga: Selain Olahraga & Diet, Minum Kopi Juga Bisa Menurunkan Berat Badan

Berikut 10 jenis latihan yang dapat dicoba di rumah sebagai olahraga mengecilkan perut buncit:

1. Burpee

Burpee adalah salah satu latihan yang layak dicoba sebagai olahraga mengecilkan perut buncit. Melansir prevention, burpee dapat melatih otot inti, dada, bahu, lat, trisep, dan paha depan. Karena melibatkan gerakan plyometrik yang eksplosif, burpee juga bisa membuat jantung kita lebih terpompa.

Cara melakukan burpee sebagai olahraga mengecilkan perut buncit: berdirilah dengan kaki selebar bahu dan dorong pinggul ke belakang saat menurunkan tubuh ke lantai dalam posisi squat rendah. Kemudian, letakkan tangan tepat di bagian samping kaki dan lompatkan kaki ke belakang, biarkan dada menyentuh lantai. Dorong tangan ke lantai untuk mengangkat tubuh ke posisi plank dan kemudian lompatkan kaki ke posisi squat rendah kembali, dan melompat secara eksplosif ke atas dengan lengan di atas kepala.

2. Mountain climber

Seperti burpee, olahraga mountain climber juga melatih otot inti dan banyak otot tubuh lainnya, sehingga cocok disertakan dalam rangkaian olahraga mengecilkan perut buncit.

Cara melakukan mountain climber sebagai olahraga mengecilkan perut buncit adalah: masuk ke posisi plank dengan pergelangan tangan tepat di bawah bahu. Jaga agar otot inti tetap kencang, tarik pusar ke arah tulang belakang. Kemudian, dorong lutut kanan ke arah dada dan kemudian bawa kembali ke posisi plank. Lakukan hal sama dengan lutut kiri. Gerakkan lutut kanan dan kiri secara bergantian.

3. Russian twist

Salah satu gerakan lain yang cukup berguna sebagai olahraga mengecilkan perut buncit adalah Russian twist. Russian twist adalah latihan inti yang meningkatkan kekuatan oblique dan membuatnya lebih terdefinisi.

Gerakan olahraga ini, biasanya dilakukan sambil memegang bola obat atau piring beban, tetapi kita juga bisa menggunakan dumbbell atau beban lainnya. Sambil memegang beban, kita perlu memutar tubuh dari sisi ke sisi sambil menahan posisi sit up dengan kaki terangkat dari tanah.

Cara melakukan Russian twist sebagai olahraga mengecilkan perut buncit: duduk tegak di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki terangkat dari lantai. Pegang beban dengan tangan setinggi dada. Kemudian, condongkan tubuh ke belakang, tahan tubuh pada sudut 45 derajat dan jauhkan lengan beberapa centimeter dari dada.

Baca Juga: Perut Buncit Bisa Berbahaya! Begini 12 Langkah Mencegahnya

Setelah itu, putar badan ke kanan, jeda dan remas otot oblique kanan, lalu putar badan ke kiri dan jeda untuk meremas otot oblique kiri. Gerakan harus dilakukan oleh tulang rusuk, bukan lengan.

4. Plank dengan bola bosu

Jika memiliki bola bosu di rumah, cobalah untuk melakukan plank di atasnya. Cara ini lebih menantang daripada plank biasa di mana tangan kita berada di lantai. Sebab, bola bosu akan menguji keseimbangan kita.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru