Edukasi

Tips jitu mengolah daging kambing agar tidak prengus dan empuk

Senin, 13 Juli 2020 | 03:30 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Tips jitu mengolah daging kambing agar tidak prengus dan empuk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengolah daging kambing agar tidak prengus memang gampang-gampang susah, terlebih jika ingin daging tersebut empuk. Merebus daging sembarangan bisa membuat daging tetap beraroma prengus, bahkan makin alot.  

Chef Jack Singodimejo, dilansir dari Sajian Sedap, memberikan tips mengolah daging kambing agar tidak prengus. Selain bisa menghilangkan aroma, Chef Jack juga memberikan tips agar daging kambing bisa empuk, bahkan tanpa direbus terlebih dahulu.

Baca Juga: Bukan hanya sate, ini resep olahan daging kambing untuk Idul Adha 2020

Pertama-tama, jangan mencuci atau membasahi daging, karena air dapat meningkatkan aroma prengus serta bakteri pada daging. Anda cukup menggunakan kain kerap untuk menyerap cairan pada daging. Jangan mengolah jeroan kambing dengan dagingnya. Jeroan kambing memiliki aroma yang lebih kuat dibanding daging kambing. 

Rebus jeroan dan kambing secara terpisah. Beri campuran rempah-rempah seperti pala, jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, bawang putih, serai saat merendam daging. Campuran kayu manis, cengkeh, daun salam, daun jeruk, dan kapulaga bisa membantu menghilangkan bau prengus jeroan dan daging saat direbus. 

Buat bumbu lebih banyak untuk merebus jeroan serta tambah durasi waktu merebusnya. Durasi yang dibutuhkan untuk merebus daging kambing sekitar 1 jam, maka jeroan butuh waktu sekitar 1 ½ jam hingga 2 jam. Setelah matang, buang air rebusan dan daging atau jeroan siap untuk diolah.

Baca Juga: Cara nyaman beli hewan kurban lewat lapak online dan dapat diskon pula

Untuk mengolah daging kambing agar empuk, Anda bisa menggunakan daun pepaya, nanas, atau baking soda. Siapkan beberapa lembar daun pepaya, lalu bungkus daging yang belum dicuci, selama kurang lebih 1 jam. Jika menggunakan buah nanas, parus buah tersebut hingga halus lalu lumuri daging dan diamkan selama 3 menit.

Jika kebetulan Anda tidak memiliki nanas atau daun pepaya, baking soda bisa membantu mengempukkan daging kambing. Taburi daging dengan baking soda lalu diamkan 3 menit. bersihkan daging dengan kuas atau lap bersih sebelum diolah lebih lanjut. Setelah tahu cara mengolah daging kambing agar tidak prengus dan empuk, Anda bisa dengan mudah mengolah daging ini menjadi berbagai macam panganan yang lezat.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru