Tour de Singkarak 2017 digelar November mendatang

Jumat, 20 Oktober 2017 | 17:29 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tour de Singkarak 2017 digelar November mendatang


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Tour de Singkarak (TdS) 2017 siap digelar. Acara yang akan berlangsung di Sumbar pada 18-26 November mendatang mengangkat tema ‘The Biggest Sport Tourism’ yang akan dimulai dari Kota Batusangkar,  Kabupaten Tanah Datar sebagai tempat start dan finish di Kota Bukittinggi.

Sekretaris Kementerian Pariwisata, Ukus Kuswara mengatakan, penyelenggaraan  event  sport tourism TdS 2017 memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat serta media value yang tinggi.

“Sejak 2013 Amauri Sport Organisation (ASO) merekomendasi TdS menjadi kejuaraan mayor di Asia karena mampu menyedot lebih dari satu juta penonton. Ranking TdS tingkat dunia dari jumlah penonton menduduki peringkat ke-5,  setelah Tour de France (12 juta penonton), Giro d’Italia (8 juta), Vuelta a Espana (5 juta), Santos Tour Down Under (750 ribu) dan TdS (550 ribu),” kata Ukus dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (20/10).

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan dampak positif dari penyelenggaraan TdS sangat dirasakan oleh masyarakat Sumbar terutama direct impact ekonomi selama penyelenggaraan berlangsung, “Tingkat hunian kamar hotel meningkat, begitu pula penjualan makanan, souvernir, dan oleh-oleh melonjak,” kata Irwan Prayitno.

Penyelenggaraan TdS yang berlangsung setiap tahun, menurut Irwan Prayitno, juga mendorong peningkatan infrastruktur terutama jalan-jalan yang akan dilalui peserta balap sepeda menjadi terpelihara dan semakin mulus.

“TdS  menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata Sumbar. Sejak penyelenggaraan TdS pertama 2009 kini bermunculan destinasi wisata baru di Sumbar dikenal masyarakat luas,” kata Irwan Prayitno.

Pelaksanaan TdS yang menyusuri  alam Minangkabau memiliki beraneka ragam obyek wisata alam (nature) dan budaya (culture) tidak hanya mengenalkan destinasi Danau Singkarak semata, juga destinasi lainnya menjadi lebih dikenal masyarakat di antaranya Lembah Harau, Kelok 9, Istana Pagaruyuang, Pantai Gandoriah, Pantai Padang, serta Pantai Tiram dan banyak lagi.  

TdS ke-9 tahun ini akan menempuh 9 etape; etape 1 dari Tanah Datar menuju Kota Padang dengan panjang 107 km; etape 2 Painan–Sawahlunto sepanjang 166 km; dan etape 3, Muaro Sijunjung–Pulau Punjung 100 km. Etape 4 Danau Singkarak–Payakumbuh 135 km;

Etape 5 Lembah Harau–Padang Panjang 101 km; dan etape 6 Kota Solok – Padang Aro Solok Selatan 140 km. Sedangkan etape 7 Pariaman – Pasaman Barat 157 km; etape8 , Padang Pariaman–Agam 101 km; dan etape 9 Pasaman–Bukittinggi Sirkuit 90 km.

Para peserta berpacu dengan menjelajahi 8 etape sepanjang 1.102,7 km untuk merebutkan sebagai juara umum dengan total hadiah sebesar Rp 3 miliar. Adapun kegiatan ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak, salah satunya Traveloka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru