Toyota Fortuner Buatan Karawang Menembus Pasar Ekspor Australia

Selasa, 15 Februari 2022 | 17:00 WIB   Reporter: Ratih Waseso
Toyota Fortuner Buatan Karawang Menembus Pasar Ekspor Australia


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melepas ekspor perdana mobil Toyota buatan pabrik di Karawang, Jawa Barat dengan tujuan Australia. Ekspor perdana Toyota ke Australia ini dalam bentuk mobil secara utuh atau completely built up (CBU).

"Pada kesempatan yang baik ini dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim, saya luncurkan pelepasan ekspor 2 juta unit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan ekspor perdana Fortuner ke Australia," kata Jokowi dalam Channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/2).

Langkah ekspor perdana Toyota diapresiasi oleh Jokowi, yang menjadi bukti bahwa pandemi Covid-19 bukan hanya menjadi tantangan bagi dunia industri tapi juga bisa membuka dan memberikan peluang dan kesempatan yang ada.

Baca Juga: Pilihan Harga Mobil Bekas Toyota Kijang Innova, Cuma Rp 60 Jutaan per Februari 2022

"Saya sangat menghargai sangat mengapresiasi, karena apapun tadi kita sudah melihat produknya Fortuner selain produk-produk yang lain ini dihasilkan oleh SDM-SDM Indonesia yang memiliki kualifikasi yang sangat baik untuk produk ekspor," imbuhnya.

Namun, Jokowi juga mengingatkan produsen untuk tetap memperhatikan bahwa produk ekspor akan tetap berkompetisi dengan produk-produk lain dari negara-negara produsen mobil. Artinya persaingan tentu akan lebih ketat di pasar ekspor.

"Jadi bukan hanya sendirian di pasar tetep bersaing dan konsumen itu akan memilih kalau produk kita memiliki kualitas kualifikasi yang baik untuk dipakai, ini membuktikan SDM-SDM Indonesia memiliki kualifikasi yang baik di dalam memproduksi mobil," ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengapresiasi tingkat TKDN dari mobil buatan Toyota di Indonesia yang telah mencapai 75%. Dengan langkah ekspor ke Australia ini, maka menambah tujuan ekspor mobil yang diproduksi di Indonesia menjadi empat benua selain Amerika, Asia dan Afrika.

"Saya sangat menghargai upaya Menperin dalam terus mengekspor mobil ke negara-negara tadi disampaikan hampir 80an negara yang kita telah ekspor di 4 benua," ujarnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengatakan, ekspor perdana Toyota ke Australia yang juga disertai beberapa produk yang akan diekspor ke Filipina dan Jepang.

Baca Juga: Toyota Luncurkan Varian Baru Sedan New Corolla Altis, Simak Beragam Fiturnya

"Sama dengan Jepang ini membuktikan ketika kita bisa mengekspor produk kita ke Australia kita memiliki spesifikasi yang ketat antara lain terkait dengan spesifikasi bahan bakar, spesifikasi emisi dan spesifikasi keamanan," kata Agus.

Agus juga menyampaikan, CEO Toyota juga berencana menjadikan Indonesia sebagai hub ekspor dari semua produk teknologi Toyota itu sendiri.

Selain itu PT Toyota juga telah menyampaikan komitmen untuk memproduksi beberapa jenis kendaraan elektrik yang akan diawali dengan produksi Kijang hybrid.

"Tentu kita akan terus mendukung dan mendorong percepatan produk elektrifikasi atau kendaraan listrik," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru