Sport

Yoga bisa bantu menurunkan berat badan, begini caranya

Selasa, 25 Februari 2020 | 18:04 WIB Sumber: Kompas.com
Yoga bisa bantu menurunkan berat badan, begini caranya

ILUSTRASI. Senam Yoga. latihan ini dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. REUTERS/Antonio Bronic TPX IMAGES OF THE DAY


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Yoga mungkin bukan latihan yang paling intens dan paling membakar kalori, tetapi latihan ini dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Yoga dapat meningkatkan detak jantung, membakar kalori, memperbaiki tidur, dan mengurangi stres, yang semuanya itu akan membantu penurunan berat badan. 

Namun, angka pada timbangan seharusnya bukan satu-satunya alasan untuk memulai latihan rutin. Lagipula, perlu dicatat bahwa diet memainkan peran penting dalam manajemen berat badan. Faktanya, olahraga dapat menyebabkan beberapa orang mengonsumsi lebih banyak makanan, yang dapat menghambat penurunan berat badan. 

Baca Juga: Valentino Rossi puas dengan motor barunya saat tes pramusim MotoGP 2020 di Qatar

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu, orang yang mulai berolahraga mengkonsumsi sekitar 90 kalori lebih banyak setiap hari. Jumlah kalori itu mungkin tidak signifikan, tetapi para peneliti menemukan ini cukup untuk mempengaruhi usaha penurunan berat badan, menurut makalah yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. 

“Yoga adalah latihan seluruh tubuh yang hebat yang dapat membantu membakar kalori dan membantu kita lebih memperhatikan diet,” kata instruktur Olivia Young, pendiri Box + Flow di New York. 

Dia memberi tips apa yang harus diketahui sebelum mencoba yoga untuk menurunkan berat badan. Jenis yoga apa yang terbaik untuk menurunkan berat badan? Jika kita tidak terbiasa dengan latihan ini, ada berbagai jenis yoga yakni yang santai dan yang cukup intens. 

Young merekomendasikan Vinyasa karena lebih atletis. "Ini berat. Ini berbasis cardio. Ini benar-benar bergerak terus-menerus," katanya. 

Kita mungkin juga pernah mendengar ini disebut "aliran" karena gerakannya berjalan bersama, menurut VeryWellFit. Di dalam Vinyasa, ada berbagai himpunan bagian lainnya, seperti yoga untuk kekuatan. Sebagai perbandingan, Hatha Yoga berfokus pada satu pose pada satu waktu dan termasuk jeda antar gerakan. 

Baca Juga: Bisa dicoba, ini langkah sederhana agar bisa rutin berolahraga

“Kita juga harus berkenalan dengan gerakan-gerakan seperti downward dog, high plank dan low push up yang biasa ditemukan dalam urutan aliran,” kata Young. 

Faktor lain yang membantu penurunan berat badan 
Penelitian menunjukkan bahwa yoga dapat membantu tubuh merespons stres dengan lebih efektif, dengan mengurangi denyut jantung dan tekanan darah dalam situasi yang penuh tekanan. 

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru