7 Manfaat ASI dan menyusui bagi bagi bayi dan ibu yang wajib diketahui

Rabu, 02 September 2020 | 15:25 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Manfaat ASI dan menyusui bagi bagi bayi dan ibu yang wajib diketahui

ILUSTRASI. Ada 7 manfaat ASI dan menyusui bagi bayi dan ibu yang wajib diketahui.


PARENTING -  Air susu ibu alias ASI menjadi sumber makanan yang penting bagi bayi. Karena itu, menyusui adalah hal penting bagi buah hati. Manfaat menyusui tidak hanya bayi rasakan tapi juga ibu. 

Karena memiliki banyak manfaat, memberikan ASI eksklusif sangat penting. Bagi bayi, ASI menjadi makanan pertama dan utama mereka.

Dalam ASI terdapat banyak nutrisi yang baik untuk perkembangan bayi. Ibu juga mendapatkan banyak manfaat dari menyusui. 

Apa saja manfaat menyusui untuk bayi dan ibu? Berikut 7 manfaat ASI danmenyusui bagi bayi dan ibu yang KONTAN.co.id rangkum dari WebMB dan Healthline:

Baca Juga: 4 Cara asik mengasah motorik halus anak dengan permainan sederhana

  • ASI mengandung banyak nutrisi untuk bayi

Ibu memproduksi kolostrum saat bayi baru lahir. Kolostrum mengandung protein yang tinggi dan zat lain yang penting untuk bayi. 

Kolostrum yang diberikan membantu sistem pencernaan bayi agar berkembang. Selain itu kolostrum juga meningkatkan antibodi pada bayi.

  • ASI bisa mengurangi risiko penyakit pada buah hati

Dengan menyusui, Anda sudah mengurangi risiko bayi Anda terjangkit penyakit. Tidak hanya penyakit seperti pilek, juga penyakit berbahaya. 

ASI bisa mengurangi risiko bayi terkena penyakit diabetes, alergi, hingga leukimia. Karenanya, pemberian ASI eksklusif sangat disarankan untuk bayi. 

Baca Juga: Ini cara menyimpan ASI agar tidak cepat rusak, panduan pas untuk wanita karir

  • ASI mengandung antibodi yang penting untuk bayi

ASI mengandung imunoglobulin A (IgA) yang membantu imun bayi. IgA akan melindungi tubuh bayi agar tidak sakit. Ada banyak antibodi lain yang terkandung dalam ASI dan dibutuhkan bayi.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru