8 Kuliner Khas Jakarta yang Terkenal Enak, Pernah Coba Soto Betawi?

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 14:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
8 Kuliner Khas Jakarta yang Terkenal Enak, Pernah Coba Soto Betawi?

ILUSTRASI. Ada beberapa kuliner khas Jakarta yang terkenal enak dan menarik untuk dicicipi


KULINER - Ada beberapa kuliner khas Jakarta yang terkenal enak dan menarik untuk dicicipi. Kuliner khas Jakarta yang paling populer salah satunya soto betawi.

Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, memiliki kekayaan kuliner yang mencerminkan keberagaman budaya dan sejarahnya. 

Melansir dari portal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jakarta memiliki puluhan hingga ratusan kuliner khas dan beragam jenis mulai dari makanan besar, minuman hingga camilan khas Jakarta.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Belanda yang Terkenal Lezat, Mau Coba?

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Jakarta yang wajib dicoba ketika berkunjung ke kota ini:

1. Soto Betawi

Soto Betawi adalah salah satu hidangan yang paling ikonik dari Jakarta. Sup ini memiliki kuah yang kental dan gurih, terbuat dari santan dan campuran rempah-rempah. Daging sapi, jerohan, atau ayam sering menjadi isian utama. Soto Betawi biasanya disajikan dengan potongan tomat, daun bawang, emping, dan acar.

2. Kerak Telor

Kerak Telor adalah makanan ringan yang sering ditemukan di acara-acara budaya Betawi. Hidangan ini terbuat dari beras ketan, telur (ayam atau bebek), ebi, dan bumbu-bumbu khas Betawi. Kerak Telor dimasak di atas tungku arang hingga menghasilkan kerak yang renyah dan gurih.

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Yunani yang Enak dan Wajib Dicoba

3. Nasi Uduk

Nasi Uduk adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan, memberikan rasa gurih yang khas. Nasi ini biasanya disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, semur jengkol, tempe orek, dan sambal kacang. Aromanya yang harum membuat nasi uduk menjadi salah satu sarapan favorit di Jakarta.

4. Asinan Betawi

Asinan Betawi adalah hidangan segar yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan yang diasinkan dan diberi bumbu kacang. Kombinasi rasa asam, manis, pedas, dan gurih membuat asinan Betawi sangat menyegarkan, terutama di hari-hari panas.

Baca Juga: Intip Jadwal KRL Solo Jogja Terupdate Hari Jumat 23 Agustus 2024

5. Ketoprak

Ketoprak adalah hidangan yang terdiri dari bihun, tahu goreng, ketupat, dan tauge yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Biasanya, ketoprak juga dilengkapi dengan kerupuk dan taburan bawang goreng.

6. Sate Betawi

Sate Betawi menggunakan daging sapi atau ayam yang dimarinasi dengan bumbu kacang dan kecap sebelum dipanggang. Rasanya yang manis dan gurih membuat sate Betawi berbeda dari sate-sate lainnya di Indonesia.

7. Semur Jengkol

Semur Jengkol adalah masakan khas Betawi yang terbuat dari jengkol yang dimasak dengan bumbu kecap dan rempah-rempah. Meskipun aromanya cukup kuat, rasanya sangat lezat dan menjadi favorit bagi pecinta kuliner tradisional.

Baca Juga: Detail Jadwal KRL Jabodetabek Paling Baru Hari Ini Jumat 23 Agustus 2024

8. Laksa Betawi

Laksa Betawi adalah hidangan berkuah santan dengan bumbu kuning yang kaya rempah. Isian dari laksa ini biasanya terdiri dari ketupat, bihun, tauge, dan suwiran ayam atau udang. Rasanya yang gurih dan aromanya yang harum menjadikan laksa Betawi sebagai salah satu hidangan yang wajib dicoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru