Gadget

Gim Hay Day ditarik dari App Store China, kenapa?

Rabu, 15 Juli 2020 | 12:15 WIB Sumber: Gamerant
Gim Hay Day ditarik dari App Store China, kenapa?

ILUSTRASI. Hay Day.

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Hay Day, gim di ponsel yang mengajak pemainnya beternak sambil bercocok tanam, ditarik dari App Store China. Tapi, bukan cuma Hay Day saja yang ditarik dari toko aplikasi Apple di Tiongkok.

Mengutip Gamerant.com, Rabu (15/7), Sensor Tower melaporkan, lebih dari 2.500 gim hp di App Store China harus ditarik. Sebab, aplikasi permainan tersebut tidak lolos peraturan dan regulasi yang berlaku di negeri tembok raksasa.

China memang memiliki aturan yang ketat jika ingin merilis gim di negara dengan populasi terbesar di dunia tersebut. Berlaku untuk semua developer, baik lokal maupun asing,  mereka harus mengikuti peraturan yang berlaku. 

Baca Juga: LEGO bikin mainan replika konsol jadul Nintendo, ini harganya

Pada Februari lalu, Apple mengonfirmasi bakal mengikuti regulasi yang otoritas China terapkan. Alhasil, semua gim, baik yang berbayar maupun dengan microtransactions di dalamnya, yang tidak memiliki International Standard Book Number (ISBN) pada 31 Juli 2020 akan ditarik dari App Store.

Meskipun deadline untuk melengkapi persyaratan administrasi jatuh pada 31 Juli nanti, Apple telah menarik Hay Day dari App Store atas permintaan dari Pemerintah China.

Hay Day adalah besutan developer Superell dan rilis pada 2012. Penarikan Hay Day cukup aneh mengingat gim buatan Superell yang lain masih bertengger di App Store China. Sebut saja, Clash of Clans dan Clash Royale.

Baca Juga: Para Ilmuwan di Inggris manfaatkan gim Minecraft, untuk apa?

Editor: Arif Budianto


Terbaru