Gadget

Inilah solusi ketika tak sengaja menutup tab di Google Chrome

Jumat, 03 Juli 2020 | 11:30 WIB   Reporter: Arif Budianto
Inilah solusi ketika tak sengaja menutup tab di Google Chrome

ILUSTRASI. Google Inc. Chrome's logo is seen on a Chromebook in San Francisco, California, U.S., on Thursday, June 9, 2011. Google Inc.'s new Chromebook line of laptops, manufactured by Samsung Electronics Co. and Acer Inc., will be available online June 15 in the U

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berselancar di internet menjadi aktivitas yang menarik. Anda bisa menemukan apapun, mulai dari artikel hingga video yang menarik. Namun apa jadinya jika sedang asik browsing Anda tidak sengaja menutup browser yang sedang Anda buka?

Pasti kesal bukan main, namun Google tengah bereksperimen untuk memberikan solusi jika terjadi hal yang tidak diinginkan tersebut.

Melalui browser besutannya, yaitu Google Chrome sang pengembang berusaha menghadirkan fitur yang dapat membuka kembali tab atau bahkan semua jendela browser Chrome yang sedang Anda buka.

Baca Juga: Duh, ada aplikasi edit foto, video dan game nyolong password Facebook, ini daftarnya

Melansir dari laman Chromestory.com, Google merilis dokumen publik mengenai apa yang sedang dikerjakan. "Kami sedang membuat fitur tombol Reopen Closed Tab yang berfungsi untuk membuka kembali tab yang ditutup secara instant".

Dari proyek tersebut, Google akan menghadirkan BackForwardCache untuk ChromeCache tersebut berfungsi untuk memberikan navigasi kepada pengguna untuk membuka kembali tab yang sebelumnya ditutup atau mengembalikannya ke kondisi semula dengan cepat.

"Kami ingin pengguna tidak kerepotan dengan melakukan hal yang sama demi mengakses tab yang telah tertutup sebelumnya. Kasus yang sering ditemukan adalah dimana pengguna tidak sengaja menutup tab yang dibukanya, lalu kebingungan bagaimana membukanya kembali," tulis dokumen tersebut.

"Kami berharap pengguna mendapatkan pengalaman sepenuhnya terkait permasalahan tab yang nantinya bisa dikembalikan secara menyeluruh seperti semula" tambah tim pengembang mengenai eksperimen yang sedang dilakukan Google untuk Chrome

Tim pengembang Chrome sendiri telah mengimplementasikan fitur tersebut di browser Android. Jika di Android Anda dapat menemukan TabPendingClosure. Disitulah semua tab yang disengaja maupun tidak disengaja tertutup bisa Anda temukan kembali.

Hal inilah yang nantinya bisa diimplementasikan untuk Google Chrome versi komputer/laptop demi mendukung produktivitas maupun aktivitas lainnya.

Kita tunggu saja nanti update selanjutnya dari Google jika pengembangannya usai.

Editor: Arif Budianto


Terbaru