HOME

Kian canggih, Fitur S Pen lengkapi kemampuan Samsung Galaxy Note20 Ultra

Rabu, 12 Agustus 2020 | 12:30 WIB   Reporter: Cipta Wahyana
Kian canggih, Fitur S Pen lengkapi kemampuan Samsung Galaxy Note20 Ultra

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Setelah lama ditunggu-tunggu, Samsung Galaxy Note20 Ultra segera tiba di tangan konsumen tanah air. Didukung oleh kemampuan Stylus Pen (S Pen) yang mumpuni, merk asal negeri Korea Selatan ini memiliki daya pikat tersendiri.

Sally Hyesson Jeong, Vice President Framework R&D Samsung, menjelaskan, pada 10 tahun lalu, menulis dengan S Pen bukan hal yang umum digunakan. Tapi, saat ini, penggunaan Galaxy Note dan S Pen sudah jadi lumrah, bahkan menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat. Nah, pada Samsung Galaxy Note20 Ultra, S Pen memperoleh banyak pembaharuan. “Saat pertama kali muncul, saya pikir, Galaxy Note dan S Pen menjadi standar ‘new normalsmartphone,” jelas Sally dalam paparan virtual bertajuk Galaxy Unpacked baru-baru ini.

Ia menambahkan, tak asal dirancang, peluncuran Galaxy Note20 Ultra yang dilengkapi S Pen terbaru ditujukan untuk merespons kebutuhan konsumen. 
“Kami paham bahwa konsumen mau layar smartphone besar dengan adanya pen di dalamnya karena mereka menonton video lebih lama daripada biasanya,” kata Jeong.

Baca Juga: Pakai prosesor cepat dan memori besar, Samsung Galaxy Note20 Ultra siap kerja keras

Dalam acara yang sama, Byunghoon Kang, Display R&D Samsung, menjelaskan, dalam waktu lebih dari sembilan tahun, S Pen telah meningkatkan kemampuan smartphone menjadi lebih canggih. Menurutnya, S Pen bukan pen digital biasa karena memiliki tingkat akurasi dan respons yang lebih baik. “Fitur baru dari S Pen membuat navigasi menjadi lebih mudah, apa pun aplikasi yang sedang digunakan,” kata Kang dalam paparan virtual yang sama.

S Pen dan lapisan Wacom yang mendukung pada layar telah diperbarui untuk mencapai latensi 9 ms. Dengan kecepatan tersebut, menulis di atas layar terasa persis seperti menulis di atas kertas. Ditambah, catatan yang dibuat oleh pengguna dapat dikonversi ke dokumen Microsoft Office dan disinkronkan dengan perangkat lain melalui Samsung Notes. 

Artinya, tak perlu membawa laptop atau personal computer (PC), Samsung Galaxy Note20 Ultra bisa diandalkan bagi pebisnis.“Selain itu, ada fitur baru seperti translation dan juga bisa merekam layar (screen capture) lewat bantuan S Pen di Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra,” imbuhnya.

Lalu, bagaimana dengan pilihan warnanya? Samsung Galaxy Note20 Ultra yang sudah berjalan dengan antarmuka One UI 2.1 dan berbasis sistem operasi Android 10 ini menawarkan tiga pilihan warna yang begitu menarik. Ketiganya adalah Mystic Bronze, Mystic Black, dan Mystic White.

Bagi yang tertarik, konsumen dapat melakukan pre-order Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra di Indonesia pada 6-19 Agustus 2020. Konsumen dapat, secara eksklusif, memesan melalui 11 e-commerce telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre-order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Globalteleshop. Masih penasaran, telusuri situs www.galaxylaunchpack.com untuk memperoleh informasi lebih komplit.

Editor: Cipta Wahyana


Terbaru