Lewat fitur baru Adobe Reader, baca file PDF jadi lebih mudah lewat HP

Jumat, 25 September 2020 | 12:54 WIB   Penulis: Arif Budianto
Lewat fitur baru Adobe Reader, baca file PDF jadi lebih mudah lewat HP


APLIKASI - Apa aplikasi favorit kalian untuk baca file PDF di HP? Jika aplikasi favorit kalian Adobe Reader, ada fitur menarik yang bisa membuat membaca file PDF di HP makin betah.

Kegunaan ponsel saat ini sudah semakin beragam. Meski fungsi utamanya adalah untuk berkomunikasi, ponsel pintar bisa melakukan pekerjaan lebih dari itu. Misalnya, buka-buka media sosial, nonton video di YouTube, atau bermain game.

Namun, masih ada fungsi lain untuk yang ingin lebih praktis membaca file PDF. Kini, HP Android maupun iOS juga bisa melakukan pekerjaan tersebut, seperti di komputer atau laptop. 

Sedikit berbeda dengan membaca file PDF di laptop, pengguna ponsel pintar sedikit kesulitan karena layarnya yang kecil. Jadi, sebagian orang mungkin mengurungkan niatnya membuka file PDF lewat HP.

Jika Anda merasakan permasalahan tersebut, kini ada solusinya. Aplikasi pembaca PDF yang satu ini bisa membuat pengalaman membaca yang nyaman, meskipun di layar HP yang cenderung kecil.

Adalah Adobe Acrobat Reader atau yang lebih dikenal dengan Adobe Reader. Aplikasi buatan Adobe ini menghadirkan fitur menarik lewat update terbarunya.

Baca Juga: Sempat gangguan, kini layanan G Suite, termasuk Google Meet sudah kembali normal

Saat membaca file PDF, kerap kali Anda menemukan kesulitan dengan layar HP yang kecil. Beberapa file PDF yang paragrafnya panjang tidak bisa langsung fit atau sesuai dengan layar HP. 

Alhasil, Anda harus menggeser layar atau membacanya dalam mode landscape untuk mempermudah. 

Menanggapi kesulitan tersebut, Adobe Reader menghadirkan fitur baru bernama Liquid Mode.

Mengutip dari blog resmi Adobe, mereka baru saja memperkenalkan fitur Liquid Mode. Sesuai dengan namanya, Liquid Mode memungkinkan untuk paragraf di file PDF menyesuaikan ukuran layar.

Tampilan Liquid Mode - Adobe Reader

Penggunaannya juga cukup mudah, cukup ketuk ikon bergambar air. Setelah itu, otomatis dokumen PDF yang dibuka lewat Adobe Reader akan menyesuaikan ukuran layar HP.

Keren bukan? Jika tertarik, bisa download Adobe Reader lewat Playstore dan Appstore, gratis kok.

Selanjutnya: Tetap produktif, ini dia hal yang harus diperhatikan ketika baru memulai WFH dan PJJ

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru