kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Mengintip isi Pesawat RI 1 di Museum Angkut


Jumat, 11 Oktober 2019 / 13:46 WIB
Mengintip isi Pesawat RI 1 di Museum Angkut
ILUSTRASI. GHOST PARADE - Sejumlah peserta lomba hantu mengikuti Ghost Parade dalam Halloween Horror Night di Museum Angkut, Kota Batu, Jumat (30/10/2015). Ghost Parade ini diikuti 137 hantu yang berlomba memperebutkan best costum, best make up dan general. SURYA/HA

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie, Dityasa H Forddanta, Jane Aprilyani | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BATU MALANG. Bila Anda berencana berwisata ke Kabupaten Malang, sempatkan untuk berkunjung ke Museum Angkut yang terletak di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Tempat ini memamerkan banyak sekali alat transportasi yang ada di seluruh dunia, baik dari zaman dahulu kala hingga saat ini.

Museum Angkut didisain dengan sangat indah. Yang menarik, ada beberapa tema yang disajikan di sana. Misalnya saja tema Eropa, Hollywood, hingga China. Alhasil, semua tempat yang ditampilkan sangat Instagramable.

Tim Jelajah Ekonomi Pariwisata Kontan terbilang beruntung saat mengunjungi Museum Angkut pada akhir September lalu. Pasalnya, saat itu, wisatawan yang datang tidak membeludak seperti biasanya. Alhasil, kami dapat menikmati semua alat transportasi yang dipajang di sana dengan santai dan nyaman.

Baca Juga: Malang bersolek demi ambisi menjadi jantung pariwisata di Jawa Timur

Salah satu yang paling mencuri perhatian adalah replika pesawat Presiden Indonesia. Replika pesawat Boeing 736 seri 200 ini berada di arena Runaway 27, Museum Angkut. "Biasanya, untuk masuk ke pesawat ini, antriannya panjang," kata Heni, salah seorang staf yang bertindak sebagai pramugari di dalam pesawat kepresidenan.

Di dalam pesawat, ada beberapa bagian yang bisa dijelajahi pengunjung. Pada bagian belakang pesawat, ada kabin Paspampres dan staf kepresidenan. Di bagian ini, formasi tempat duduknya sama dengan pesawat biasa.

Kemudian, melangkah ke bagian lain, ada kabin untuk presiden. Di sini, pengunjung bisa menemukan meja kerja presiden, ruang rapat, serta ruang makan untuk presiden. Pengunjung boleh mengambil foto di setiap spot. Bahkan, Heni dan kawan-kawan dengan sigap membantu mengabadikan foto setiap wisatawan. Akan tetapi, waktunya dibatasi. Sebab, peminat pengunjung untuk mengabadikan momen di tempat ini terbilang tinggi.

Baca Juga: Pesona mengejar sunrise di Pananjakan I Gunung Bromo

Selain pesawat Kepresidenan RI, ada beberapa lokasi lain yang tak kalah unik yang bisa dikunjungi. Jika ingin foto-foto dengan latar ala-ala Istana Kerajaan Inggris, di museum ini ada Buckingham Palace. Di lokasi ini ada taman bunga dan berbagai miniatur kerajaan yang menjadi tempat tinggal ratu Elizabeth.

Jangan lewatkan juga mengunjungi wisata kuliner di Pasar Apung Nusantara. Ya, tak salah lagi. Sesuai namanya, kita bisa melihat penjual makanan lezat dari atas perahu. Pilihan makanannya juga beragam.

Jika berminat ingin berkunjung ke museum ini, objek wisata ini berada di Jalan Terusan Sultan Agung Atas Nomor 2, Kota Wisata Batu, Malang. Jangan khawatir, karena letaknya di pusat kota, Museum Angkut tak sulit ditemukan.

Baca Juga: Yuk, uji nyali dengan menjajal wisata paralayang di Malang!

Untuk masuk ke dalam musem ini, siapkan dana Rp 70.000 per orang (weekdays) dan Rp 100.000 per orang saat weekend. Cukup terjangkau kan? Museum ini dibuka mulai pukul 12.00-20.00 WIB.

 

 




TERBARU

×