Panduan Warna Feng Shui Terbaik untuk Semua Ruangan di Rumah, Ada Warna Favorit Anda?

Jumat, 16 September 2022 | 15:33 WIB   Penulis: Arif Budianto
Panduan Warna Feng Shui Terbaik untuk Semua Ruangan di Rumah, Ada Warna Favorit Anda?

ILUSTRASI. Panduan Warna Feng Shui Terbaik untuk Semua Ruangan di Rumah, Ada Warna Favorit Anda?


KONTAN.CO.ID - Panduan warna Feng Shui terbaik untuk semua ruangan di rumah. Apakah ada warna favorit Anda? Yuk simak selengkapnya panduan warna Feng Shui terbaik di rumah.

Seperti yang kita ketahui, warna memiliki dampak pada suasana hati, energi, dan bahkan kesejahteraan Anda. Untuk kehidupan yang sehat, bahagia, dan damai, penting bagi Anda untuk tinggal maupun bekerja di ruang yang memiliki energi seimbang.

Menurut Feng Shui, ada beberapa pilihan warna yang dapat membantu rumah Anda selaras dengan kebutuhan dan membawa hal positif serta keberuntungan dalam hidup.

Setiap ruangan di dalam rumah, memiliki arti penting dan untuk memastikan bahwa itu memenuhi tujuan sepenuhnya. Bagi Anda yang mungkin sedang mencari referensi warna untuk ruangan di rumah, mungkin ada baiknya mengetahui warna Feng Shui yang ideal untuk hunian.

Interior rumah dengan sofa minimalis

Dikutip dari Magicbricks, berikut ini warna Feng Shui untuk semua ruangan di rumah Anda.

Baca Juga: Ide Feng Shui Rumah untuk Ruangan Dapur, Datangkan Kesehatan juga Keberuntungan

1. Warna feng shui untuk pintu masuk rumah

Pintu masuk rumah sangat penting dalam feng shui karena merupakan pintu masuk untuk keberuntungan. Pintu masuk rumah ini juga dikenal sebagai mulut qi, yang menjadi salah satu area penting di rumah.

Sesuai dengan warna feng shui untuk rumah, pintu masuk rumah harus berwarna abu-abu muda. Warna ini menyambut hal yang cerah ke rumah ke dalam rumah dan meningkatkan kegembiraan.

Tidak hanya warna abu-abu, Anda juga dapat menggunakan warna hijau di bagian serambi masuk.

2. Warna feng shui untuk ruang tamu

Ruang tamu mungkin merupakan yang menggambarkan aktivitas sosial di dalam rumah. Di sinilah Anda menyambut tamu dan menikmati waktu dengan keluarga.

Oleh karena itu, warna feng shui rumah harus memiliki unsur putih, hijau dan cokelat.

Warna putih pada ruangan tersebut akan mendorong kejernihan dan kecerahan, sedangkan coklat akan menambah kehangatan pada ruangan.

Tanaman di ruang tamu atau bahkan dinding aksen hijau akan menarik hal-hal positif dan menggambarkan pertumbuhan.

Jangan gunakan warna merah yang berlebihan di ruangan ini, karena menyebabkan pertengkaran di ruangan tersebut.

3. Warna feng shui untuk kamar tidur

Warna feng shui untuk kamar tidur harus memiliki nada merah muda untuk menarik cinta, kecocokan dan perhatian dalam suatu hubungan.

Dinding dengan warna krem dipasangkan dengan tirai merah muda lembut dan bantal serta tempat tidur yang senada terlihat sangat ideal.

Seprai atau selimut merah muda menambah kasih sayang dan keintiman dalam pernikahan.

Warna dengan nuansa cerah dan terlalu gelap harus benar-benar dihindari di kamar tidur, karena warna-warna tersebut dapat keluar terlalu kuat di sebuah tempat yang untuk relaksasi dand apat menciptakan hal negatif.

Baca Juga: 4 Aturan Feng Shui Rumah 2022 di Area Kamar Tidur, Rehat untuk Hari Esok Lebih Baik

4. Warna feng shui untuk dapur

Makanan berwarna-warni dan putih adalah warna yang menonjol dari yan glainnya. Ini menjadikan warna-warna tersebut terbaik untuk dapur rumah Anda.

Warna feng shui untuk ruangan dapur di rumah disarankan berwarna putih karena melambangkan kemurnian dan kebersihan. Ini juga merupakan perwakilan dari elemen logam yang menyeimbangkan dominasi api di ruangan ini.

Warna cokelat dan hijau juga mewakili elemen Bumi, bagus untuk dapur karena menarik makanan dan menyambut chi positif.

Perlu diingat, jangan gunakan warna merah di dapur, warna ini menggambarkan kemarahan.

5. Warna feng shui ruang makan

Meja makan adalah tempat berkumpulnya keluarga saat berbagi makanan. Warna feng shui untuk ruangan ini baiknya adalah merah atau oranye. 

Warna ini menyambut percakapan yang penuh selera dan sekaligus merangsang nafsu makan.

Energi api dari warna merah harus diseimbangkan dengan elemen Bumi, sehingga membat warna netral menjadi penting di ruang makan. 

Nuansa coklat dan krem menghadirkan rasa tenang dalam ruangan dan menciptakan suasana santai bagi semua orang.

Warna putih yang dominan di ruangan ini akan menarik kecerahan dan kejelasan dalam percakapan.

6. Warna feng shui untuk ruangan kantor atau ruang belajar di rumah

Untuk beberapa orang mungkin punya ruangan tersendiri yang digunakan sebagai kantor atau tempat bekerja. Begitu pula dengan ruang belajar yang membuat kita harus fokus ketika berada di area tersebut.

Opsi warna coklat dengan seidkit warna hijau, kuning, dan bahkan merah sangat bagus sesuai dengan warna feng shui. Rona yang natural membuat Anda membumi dan juga mempromosikan perawatan diri, dan hijau dalam bentuk tanaman akan selalu menarik kekayaan dan pertumbuhan.

Sedikit warna merah, seperti buku atau barang lainnya di atas meja akan meningkatkan produktivitas dan semangat Anda.

7. Warna feng shui untuk kamar tidur anak

Sesuai dengan warna feng shui untuk rumah, warna yang menciptakan perasaan menenagkan paling cocok untuk kamar anak adalah biru yang kalem.

Ini akan menciptakan suasana penyembuhan dan membantu meningkatkan nutrisi secara keseluruhan. Seimbangkan warna biru dengan putih untuk kejernihan pikiran dan furnitur berbahan kayu akan mendorong pertumbuhan dan pengetahuan di dalam ruangan.

Patut diperhatikan, hindari warna yang terlalu terang di ruangan ini, karena dapat menghambat tidur nyenyak dan bahkan dapat memengaruhi perilaku yang tidak menentu.

8. Warna feng shui untuk kamar mandi

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang elemen airnya dominan.  Oleh karena itu, seharusnya tidak perlu memiliki warna yang berkaitan dengan elemen air.

Anda dapat memilih warna putih di kamar mandi karena melambangkan kebersihan dan kemurnian. Menambahkan elemen kayu ke kamar mandi juga membantu menetralkan energi air dengan elemen tanah dan bisa menjadi feng shui kamar mandi yang bagus.

Jangan memilih pernak-pernik berwarna emas di ruangan ini. JIka Anda melakukannya, ketahuilah bahwa seorang ahli feng shui mungkin akan mengatakan Anda hanya mencuci keberuntungan Anda.

Itulah panduan warna feng shui terbaik untuk semua ruangan di rumah, apakah ada salah satu yang menajdi favorit Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru