Rekomendasi Kuliner Khas Madura yang Dikenal Lezat, Pernah Coba Sate Asli?

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 16:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Kuliner Khas Madura yang Dikenal Lezat, Pernah Coba Sate Asli?

ILUSTRASI. Catat rekomendasi kuliner khas Madura yang dikenal lezat dan wajib dicoba.


KULINER - Catat rekomendasi kuliner khas Madura yang dikenal lezat dan wajib dicoba. Kuliner khas Madura yang cukup populer salah duanya Sate Madura dan Soto Madura.

Madura merupakan sebuah pulau di sebelah timur laut Jawa, tidak hanya terkenal dengan karapan sapinya, tetapi juga dengan berbagai kuliner khas yang menggugah selera. Kuliner Madura menawarkan beragam cita rasa yang unik dan autentik, membuat siapa pun yang mencicipinya ingin kembali lagi. 

Melansir dari laman Kementerian Luar Negeri, Sate Ayam Madura merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Hampir semua daerah di Indonesia terdapat penjual makanan ini.

Baca Juga: Suka Makan? Coba 10 Kuliner Khas Palu yang Menggugah Selera Berikut

Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Madura yang wajib Anda coba.

1. Sate Madura

Sate Madura adalah salah satu hidangan paling ikonik dari Madura. Terbuat dari daging ayam atau kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusuk sate, kemudian dipanggang di atas arang. Ciri khas dari sate ini adalah bumbu kacangnya yang kental dan manis, serta bumbu kecap yang disajikan bersama potongan lontong, bawang goreng, dan irisan cabai.

2. Soto Madura

Soto Madura adalah hidangan berkuah dengan cita rasa gurih yang khas. Berbeda dengan soto dari daerah lain, Soto Madura menggunakan daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah yang kaya seperti kunyit, jahe, dan serai. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi, perkedel kentang, dan taburan bawang goreng.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Nganjuk yang Terkenal Enak, Apa Saja?

3. Bebek Songkem

Bebek Songkem adalah masakan khas Madura yang unik dan lezat. Bebek yang digunakan dalam hidangan ini dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus dengan bumbu rempah seperti lengkuas, serai, dan daun salam. Proses pengukusan membuat daging bebek menjadi empuk dan bumbunya meresap sempurna.

4. Nasi Serpang

Nasi Serpang adalah hidangan nasi campur khas Madura yang disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti daging sapi, ikan tongkol, telur asin, tahu, tempe, dan sayuran. Ciri khas dari Nasi Serpang adalah penggunaan bumbu khas Madura yang kaya akan rempah-rempah, membuat hidangan ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

5. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salad khas Madura yang terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, tauge, dan kacang panjang, serta irisan buah-buahan seperti mangga muda, bengkuang, dan nanas. Yang membuat rujak ini unik adalah penggunaan cingur (bagian hidung sapi) yang dicampur dengan bumbu petis yang gurih dan pedas.

Baca Juga: Ini Jadwal KRL Jabodetabek Lengkap Hari Jumat 16 Agustus 2024, Jangan Lewatkan!

6. Topak Ladeh

Topak Ladeh adalah hidangan berkuah yang biasanya disajikan saat Lebaran di Madura. Terbuat dari daging sapi atau ayam yang dimasak dengan bumbu santan kental dan rempah-rempah seperti serai, lengkuas, dan daun jeruk. Hidangan ini biasanya disajikan dengan ketupat atau lontong.

7. Lorjuk

Lorjuk adalah sejenis kerang yang hanya dapat ditemukan di perairan Madura. Biasanya lorjuk dimasak dengan bumbu kuning yang kaya akan rempah atau dijadikan bahan utama dalam hidangan pepes lorjuk. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat lorjuk menjadi hidangan yang sangat digemari.

Baca Juga: Sudah Tahu Jadwal KRL Solo Jogja Hari Ini Jumat 16 Agustus 2024? Simak Ya!

8. Tajin Sobih

Tajin Sobih adalah bubur khas Madura yang terbuat dari beras ketan dan dicampur dengan gula merah, santan, dan pandan. Hidangan ini biasanya disajikan dengan topping seperti kelapa parut dan kacang tanah goreng. Rasanya yang manis dan gurih membuat Tajin Sobih menjadi pilihan favorit untuk sarapan atau camilan sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru