Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Didatangi, Ada Rumah Bung Karno

Sabtu, 29 Juni 2024 | 09:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu yang Wajib Didatangi, Ada Rumah Bung Karno

ILUSTRASI. BENGKULU,24/1-NAPAK TILAS ERICK THOHIR DI RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO. Menteri BUMN Erick Thohir didampingi Gubernur Bengkulu Rohidin Mersya dan Ketua Umum Pospera Mustar Bona Ventura melihat salah satu ruangan tempat tinggal Fatmawati sebelum melakukan Napak Tilas di Rumah Pengasingan Bung Karno, Bengkulu, Selasa (24/1/2023). Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN Erick Thohir bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Sekjen Pena 98 Adian Napitupulu dan Ketua Umum Pospera Mustar Bona Ventura juga akan mengembalikan sejarah atau mengembalikan letak rumah Ibu Fatmawati ke lokasi awal, tepatnya di lokasi Bank BNI 46 saat ini. Erick Thohir membuka orasinya dengan keberhasilan perjuangan bangsa merebut kemerdekaan yang hingga sat ini pemerintah terus membangun ekonomi kerakyatan. KONTAN/Fransiskus Simbolon


WISATA - Simak rekomendasi tempat wisata di Bengkulu yang wajib didatangi. Salah satu tempat wisata di Bengkulu yang cukup populer di antaranya Rumah Pengasingan Bung Karno.

Bengkulu, sebuah provinsi di pesisir barat Pulau Sumatera, menawarkan banyak destinasi wisata dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Dengan kekayaan alam dan sejarahnya, Bengkulu adalah tempat yang sempurna untuk liburan. 

Melansir dari Wikipedia, Bengkulu terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera dan berada di pantai barat bagian Selatan Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan garis pantai Samudera Hindia di sisi barat provinsi tersebut.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Putaran Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Siapa Lawannya?

Sehingga, tak heran Bengkulu memiliki banyak tempat wisata alam yang ciamik dan menarik untuk dikunjungi.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bengkulu yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Panjang

Pantai Panjang merupakan salah satu ikon wisata Bengkulu. Dengan garis pantai sepanjang 7 km, pantai ini menawarkan pemandangan laut yang menakjubkan serta pasir putih yang lembut. Pantai Panjang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kafe, restoran, dan tempat bermain anak. Anda bisa berjalan-jalan, berjemur, atau menikmati sunset yang spektakuler di sini.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Wisata Kuliner di Lampung yang Enak dan Patut Dicoba

2. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan Inggris yang dibangun pada abad ke-18. Benteng ini terletak di pusat kota Bengkulu dan merupakan salah satu benteng terbesar yang pernah dibangun oleh Inggris di Asia Tenggara. Selain menyaksikan arsitektur kolonial yang megah, Anda juga bisa belajar banyak tentang sejarah Bengkulu dan peran pentingnya dalam perdagangan rempah-rempah.

3. Rumah Pengasingan Bung Karno

Situs bersejarah ini merupakan tempat di mana Presiden pertama Indonesia, Soekarno, diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1938-1942. Di rumah ini, Anda bisa melihat berbagai barang peninggalan Bung Karno, seperti buku, perabotan, dan karya tulisnya. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

4. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah adalah danau alami yang terletak sekitar 6 km dari pusat kota Bengkulu. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dengan air yang tenang dan dikelilingi oleh pepohonan hijau. Tempat ini sangat cocok untuk piknik, memancing, atau sekadar bersantai menikmati keindahan alam.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner di Banjar yang Enak dan Wajib Dicoba, Catat Ya!

5. Taman Wisata Alam Seblat

Taman Wisata Alam Seblat merupakan salah satu tempat konservasi gajah di Indonesia. Di sini, Anda bisa melihat gajah Sumatera dalam habitat alaminya dan belajar tentang upaya konservasi yang dilakukan untuk melindungi spesies yang terancam punah ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati trekking di hutan dan berbagai kegiatan outdoor lainnya.

6. Pulau Tikus

Pulau Tikus adalah sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 10 km dari pesisir Bengkulu. Pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa, menjadikannya tempat yang ideal untuk snorkeling dan diving. Terumbu karang yang masih terjaga dengan baik dan keanekaragaman biota laut membuat Pulau Tikus menjadi surga bagi para pecinta laut.

7. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi merupakan pantai yang berdekatan dengan Benteng Marlborough. Selain menawarkan pemandangan laut yang indah, pantai ini juga sering menjadi lokasi festival dan acara budaya lokal. Anda bisa menikmati berbagai kuliner khas Bengkulu di sekitar pantai, sambil menikmati angin laut yang sejuk.

Baca Juga: Catat Jadwal Babak 16 Besar Euro 2024 Lengkap, Berikut Tim yang Lolos

8. Desa Wisata Tebat Monok

Desa Wisata Tebat Monok adalah desa adat yang terletak di Kabupaten Kepahiang. Desa ini menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung untuk melihat dan merasakan kehidupan masyarakat adat Bengkulu. Anda bisa melihat proses pembuatan kerajinan tangan tradisional, mencoba kuliner khas, dan ikut serta dalam berbagai upacara adat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru