HOME

Selama isolasi di rumah, ini 3 jenis bahan makanan penting

Jumat, 20 Maret 2020 | 01:00 WIB   Reporter: kompas.com
Selama isolasi di rumah, ini 3 jenis bahan makanan penting

KONTAN.CO.ID - Sejak pemerintah mengimbau masyarakat melakukan pembatasan sosial atau social distancing dengan berada di rumah saja, banyak orang yang khawatir dan membeli bahan makanan berlebihan.

Padahal, sebetulnya masyarakat bisa memilah bahan-bahan makanan mana saja yang mereka perlukan untuk disimpan sebagai stok di rumah.

"Orang banyak yang kepikiran makannya saja, tapi kualitasnya harus bagus juga," kata Chef Yuda Bustara kepada Kompas.com, Kamis (19/3).

Untuk mempermudah memilih bahan makanan yang Anda perlukan dan tidak melakukan panic buying, Chef Yuda menyarankan, untuk mempersiapkan tiga jenis makanan berikut:

Baca Juga: Ini Jus buah segar yang bisa meningkatkan imun tubuh

1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi satu dari tiga komponen paling penting yang harus ada dalam setiap menu makanan Anda. Ingatlah, karbohidrat tak hanya nasi putih, sehingga Anda tidak perlu memborong banyak beras untuk disimpan di rumah.

"Kita punya banyak opsi, jadi enggak perlu panic buying. Beras juga bisa diganti kentang, pasta, singkong, mi, dan lainnya," ujar Chef Yuda.

2. Protein

Telur merupakan sumber protein yang paling mudah Anda dapatkan dan juga murah. Anda juga bisa membeli beberapa opsi daging kalengan, misalnya. tuna atau kornet agar bisa disimpan lebih lama.

Namun, jangan ragu jika ingin membeli daging segar, seperti daging sapi atau ayam. Sebab, Anda tetap bisa menyimpannya dengan cara dibekukan di lemari pendingin.

Baca Juga: Ini delapan cara untuk membuat tubuh tetap sehat selama isolasi diri di rumah

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru