Wisata

Tempat wisata terbaru di Bantul, Taman Jati Larangan yang punya kuliner khas

Rabu, 29 Juli 2020 | 17:26 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Tempat wisata terbaru di Bantul, Taman Jati Larangan yang punya kuliner khas

ILUSTRASI. Taman Jati Larangan merupakan tempat wisata terbaru di Bantul, dengan harapan dapat mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar. Dok: Pemerintah Kabupaten Bantul.

KONTAN.CO.ID - BANTUL. Kini, ada tempat wisata terbaru, lo, di Bantul. Namanya: Taman Jati Larangan.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Bantul, Taman Jati Larangan merupakan salah satu program unggulan Kepala Desa Guwosari Masduki Rohmad. Masduki mewajibkan setiap dusun untuk membuat program unggulan.

Akhirnya, Taman Jati Larangan inilah yang menjadi program unggulannya, setelah mendapat kesepakatan dari semua pihak. Terlebih lagi, lokasi Taman Jati Larangan kebetulan berdampingan dengan makam Mbah Wiroyudho.

Mbah Wiroyudho adalah teman seperjuangan Pangeran Diponegoro. Karena itu, selain tempat wisata bersantai untuk menghirup udara segar, Taman Jati Larangan juga menjadi objek wisata religi.

Baca Juga: Harga tiket hanya Rp 5.000, yuk piknik ke Tebing Breksi Yogyakarta

Awalnya, lahan milik warga setempat ini memang disumbangkan untuk membangun kawasan wisata dengan harapan bisa menjadi pusat perekonomian di Dusun Iroyudan. Ke depan, akan ditinjau kembali karena Taman Jati Larangan dibangun murni dari dana swadaya masyarakat.

Lantas, apa saja yang bisa pengunjung lakukan di Taman Jati Larangan? Pengunjung bisa bersepeda, berkumpul bersama keluarga atau kerabat di alam terbuka, dan wisata kuliner.

Ada dua makanan khas yang bisa pengunjung coba di Taman Jati Laranga: tembak dan peso.

Tembak merupakan tempe dan rambak. Sementara peso ialah tempe dan so atau daun melinjo yang masih muda lalu diolah menjadi campuran makanan. 

Baca Juga: Gamplong Studio Alam, studio syuting Hanung Bramantyo yang Instagramable

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru