Doodle Merayakan HUT Donald Pandiangan: Hadiah yang Mengubah Sejarah Indonesia

Senin, 12 Desember 2022 | 07:25 WIB Sumber: doodles google
Doodle Merayakan HUT Donald Pandiangan: Hadiah yang Mengubah Sejarah Indonesia

ILUSTRASI. google_doodle Donald Pandiangan


GOOGLE DOODLE - Hari ini Google Doodle merayakan ulang tahun ke-77 Donald Pandiangan.

Menurut catatan Google, Donald Pandiangan adalah seorang pemanah yang melatih tim panahan yang memenangkan medali Olimpiade Indonesia pertama pada tahun 1988.

Donald sendiri sebagai atlet panahan telah memenangi lebih dari 20 medali emas untuk penguasaan busur dan anak panahnya di Pesta Olahraga Asia Tenggara ( SEA Games). Donald Pandiangan pun mendapat julukan Robin Hood of Indonesia.

Donald Pandiangan lahir pada 12 Desember 1945, di Sidikalang, Sumatera Utara. Ia bercita-cita menjadi seorang insinyur, tetapi kendala keuangan menghalanginya untuk menyelesaikan kuliah.

Donald akhirnya bekerja di sebuah perusahaan transportasi. Di sana dia menerima hadiah yang akan mengubah jalan hidupnya:  satu set alat panah.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo : Mimpi Portugal Juara Piala Dunia 2022 Telah Berakhir Kemarin

Meski memulainya di usia akhir 25 tahun, Donald Pandiangan jatuh cinta dengan olahraga tersebut dan berlatih tanpa lelah.

Tiga tahun kemudian, ia memenangkan medali emas pertama di PON VIII (Pekan Olahraga Nasional Indonesia) 1973 di Surabaya. Empat tahun kemudian, ia memecahkan rekor dunia di nomor Recurve 70m pada PON IX 1977 di Jakarta.

Donald Pandiangan meraih emas berkali-kali antara tahun 1977 dan 1987 di SEA Games. Pada tahun 1980, Donald Pandiangan berada di puncak karirnya dan hampir berkompetisi di Olimpiade Musim Panas di Moskow, tetapi tidak dapat hadir karena Indonesia memboikot acara tersebut.

Beberapa tahun kemudian dia mulai melatih tim panahan wanita untuk Olimpiade Musim Panas 1988 di Seoul. Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani meraih medali perak. Itulah  medali pertama Indonesia di Olimpiade.

Selamat ulang tahun ke-77, Donald Pandiangan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru