Gadget

Pembuat Minecraft hentikan dukungan untuk hp sistem operasi lawas, ada apa?

Senin, 13 Juli 2020 | 15:35 WIB Sumber: Gamerant
Pembuat Minecraft hentikan dukungan untuk hp sistem operasi lawas, ada apa?

ILUSTRASI. Gim Minecraft.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minecraft menjadi salah satu gim yang seru dimainkan oleh semua kalangan. Baik anak-anak hingga orang dewasa senang menuangkan kreativitasnya melalui balok-balok yang ada di gim tersebut.

Minecraft rilis untuk hampir semua platform, mulai konsol, komputer, hingga hp Android dan iOS. Bebas melakukan hal yang pemain inginkan, menjadikan gim ini seru untuk dimainkan berlama-lama. Tak heran, di seluruh dunia pemain Minecraft mencapai angka 126 juta. 

Tapi, melansir Gamerant.com, Senin (13/7), Mojang, developer Minecraft, menghentikan dukungan gim tersebut di beberapa platform yang sudah tua. Minecraft merupakan salah satu game ringan, pemainnya tidak perlu device dengan spesifikasi tinggi untuk memainkannya.

Sayangnya, seiring dengan perkembangan teknologi, Minecraft harus menyesuaikan kebutuhan sistem operasi ponsel. Tidak selamanya, Minecraft akan berjalan pada device dengan spesifikasi yang minim.

Baca Juga: Aktor Mandalorian dan pengisi suara Coco perankan tokoh antagonis di game Far Cry 6

Beberapa device yang Mojang hentikan dukungannya untuk Minecraft adalah Gear VR, Windows 10 Mobile, hp Android dengan RAM di bawah 768 MB, dan hp iPhone dengan iOS versi 10 juga di bawahnya. 

Jika masih menggunakan device tersebut, pemain tidak bisa mengakses fitur Realms, layanan server multiplayer untuk Minecraft. Namun, untuk pengguna Android dan iPhone yang ingin migrasi akun ke perangkat yang lebih tinggi masih bisa.

Akun bisa pemain transfer ke device baru yang lebih tinggi dengan mendaftarkannya terlebih dahulu. Semua kegiatan yang tersimpan di Minecraft sebelumnya juga dapat pemain transfer, jadi tidak perlu lagi berkreasi dari awal.

Mojang mengonfirmasi, dukungan untuk perangkat dengan sistem operasi yang sudah tua ini berakhir pada Oktober mendatang.

Baca Juga: Kabar gembira! Patch lanjutan Mobile Legends entengkan HP kentang

Editor: Arif Budianto


Terbaru