Presiden FIFA Sebut Para Pengkritik Piala Dunia Qatar Munafik

Sabtu, 19 November 2022 | 20:56 WIB Sumber: Reuters
Presiden FIFA Sebut Para Pengkritik Piala Dunia Qatar Munafik

ILUSTRASI. Presiden FIFA menuduh para pengkritik Qatar munafik menjelang Piala Dunia. Leon Neal/Pool via REUTERS

KONTAN.CO.ID - AL RAYYAN-QATAR. Presiden FIFA Gianni Infantino menuduh para pengkritik tuan rumah Piala Dunia Qatar munafik.

Dalam pidato pembukaan yang panjang, dan terkadang marah, pada konferensi pers menjelang dimulainya turnamen, Infantino mengumpulkan kritik Eropa dari negara tuan rumah atas masalah pekerja migran dan hak-hak LGBT.

"Saya orang Eropa. Untuk apa yang telah kita lakukan selama 3.000 tahun di seluruh dunia, kita harus meminta maaf selama 3.000 tahun ke depan sebelum memberikan pelajaran moral," katanya.

“Saya kesulitan memahami kritik. Kita harus berinvestasi dalam membantu orang-orang ini, dalam pendidikan dan memberi mereka masa depan yang lebih baik dan lebih banyak harapan. Kita semua harus mendidik diri kita sendiri, banyak hal yang tidak sempurna tetapi reformasi dan perubahan membutuhkan waktu.

Baca Juga: Di Balik Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Ribuan Tenaga Kerja Migran yang Jadi Korban

"Pelajaran moral sepihak ini hanya kemunafikan," katanya.

"Tidak mudah menerima kritik atas keputusan yang dibuat 12 tahun lalu. Doha siap, Qatar siap dan tentu saja itu akan menjadi Piala Dunia terbaik yang pernah ada," tambahnya.

Infantino memanfaatkan pengalamannya sendiri sebagai anak pekerja migran yang tumbuh di Swiss, mengatakan bahwa dia telah diintimidasi karena menjadi orang Italia dan karena memiliki rambut merah dan bintik-bintik.

"Saya tahu bagaimana rasanya didiskriminasi (dilawan), saya tahu bagaimana rasanya di-bully," katanya.

"Apa yang Anda lakukan? Anda mulai terlibat, inilah yang seharusnya kita lakukan... Satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil adalah dengan terlibat," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru