Taman Kyai Langgeng, destinasi wisata rekreasi dan edukasi di Kota Magelang

Selasa, 22 September 2020 | 15:56 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Taman Kyai Langgeng, destinasi wisata rekreasi dan edukasi di Kota Magelang


WISATA MAGELANG - MAGELANG. Taman Kyai Langgeng merupakan salah satu destinasi wisata rekreasi dan edukasi di Kota Magelang. Berlokasi di Jalan Cempaka Nomor 6, Taman Kyai Langgeng memiliki fasilitas lengkap seperti wahana permainan, petualangan, edukasi, air, dan wisata religius.

Bervariasinya fasilitas di taman tersebut membuatnya cocok untuk dijadikan destinasi tempat berliburan akhir pekan bersama keluarga. Melansir situs resminya, berikut adalah rangkuman wahana-wahana yang ada di Taman Kyai Langgeng.

  • Wahana permainan

Wahana permainan di Taman Kyai Langgeng terdiri dari permainan modern dan tradisional yang sudah jarang ditemukan di kota-kota besar. Wahana permainan modern yang bisa anak-anak coba diantaranya adalah sepur mini, bianglala, dan komidi putar. Untuk wahana permainan tradisionalnya ada sepeda tandem dan becak mini.

  • Wahana petualangan

Nah, bagi yang suka tantangan wajib mencoba berbagai wahana petualangan di Taman Kyai Langgeng. Pasalnya, ada wahana flying fox, dragon coaster, dan Jembatan Kaca Retak di sini.

Jembatan Kaca Retak merupakan salah satu wahana yang cukup populer dan selalu menjadi buruan para pencari spot selfie. Sebab, pengunjung bisa berfoto di atas alas efek kaca retak di atas ketinggian 10 meter. Foto pun semakin apik dengan adanya latar belakang Gunung Sumbing dan Sungai Progo.

Baca Juga: Bukan di luar negeri, tempat wisata Instagramable ini di Magelang, lo

Taman Kyai Langgeng

  • Wahana edukasi

Pengunjung yang ingin bermain sambil belajar bisa mengunjungi wahana edukasi di Taman Kyai Langgeng. Di wahana ini terdapat taman yang punya koleksi tanaman asli Indonesia. Ada juga taman satwa dan Anjungan Dirgantara yang bisa menambah wawasan tentang pesawat.

  • Wahana air

Wahana air di Taman Kyai Langgeng terdiri dari water park & water boom. Ada juga wahana becak air, hand boat, water ball dan kereta air yang bisa dinaiki bersama keluarga. 

  • Wisata religi

Di taman ini juga ada makam Kyai Langgeng yang sering dikunjungi masyarakat dari dalam kota, luar kota, bahkan ada beberapa di antaranya dari luar Pulau Jawa. Para pengunjung yang ingin berziarah di makam Kyai Langgeng harus menghubungi pengelola terlebih dahulu.

Sebagai catatan, Kyai Langgeng merupakan seorang ulama sekaligus penasihat spiritual Pangeran Diponegoro pada masa perjuangan melawan penjajahan Belanda. Beliau masih keturunan Raja Mataram, yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono II dan merupakan salah satu orang kepercayaan Pangeran Diponegoro.

Kyai Langgeng meninggal dunia pada tahun 1829 dan dimakamkan di Magelang, tepatnya ada di tengah area objek wisata Taman Kyai Langgeng ini. Karena itu, nama tempat wisata ini pun dinamakan Taman Kyai Langgeng. 

Selanjutnya: Wisata ke Seribu Batu Songgolangit, ada area glamping sampai rumah hobbit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Novianti Siswandini

Terbaru