HOME

Bupati Samosir: Dalam lima tahun mendatang Danau Toba jadi Bali Baru

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 09:05 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Bupati Samosir: Dalam lima tahun mendatang Danau Toba jadi Bali Baru

KONTAN.CO.ID - Tahun lalu, pemerintah menetapkan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas. Itu sebabnya, Presiden Joko Widodo akhir Juli lalu melakukan kunjungan kerja tiga hari ke Danau Toba untuk melihat perkembangan pembangunan di kawasan ini.

Dan, Selain Samosir, Kementerian Pariwisata juga gencar mempromosikan tiga kabupaten lainnya di seputaran Danau Toba. Itu sebabnya, mereka merilis Program Wonderful Huta Toba, singkatan dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, serta Toba Samosir.

Lalu, bagaimana kesiapan kabupaten-kabupaten tersebut membawa Kawasan Danau Toba menjadi Bali Baru? Apa saja yang menjadi tantangan utama? Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019 wawancarai Bupati Samosir Rapidin Simbolon awal Agustus lalu.

Berikut nukilannya:

Baca Juga: Menara Pandang Tele, salah satu spot terbaik menikmati eksotisme Danau Toba

KONTAN: Bagaimana kesiapan Samosir menuju Bali Baru?

RAPIDIN: Kami berupaya dan berusaha, target kami dalam lima tahun mendatang Danau Toba menjadi Bali Baru. Tentu, kami harus bekerja keras, mempersiapkan yang berhubungan dengan itu.

Yang pertama, tentu adalah infrastruktur. Sekarang, 75% jalan sudah bagus dan konektivitas Bandara Silangit sangat menjanjikan untuk menjadikan kawasan ini menjadi detinasi super prioritas.

Kedua, dari segi atraksi sangat mumpuni, karena orisinalitas kebudayaan kami yang masih asli dan benar-benar terjaga. Itu sangat senang dinikmati pengunjung terutama wisatawan mancanegara.

Baca Juga: Keseruan bermain air di Pantai Pasir Putih Parbaba

Lalu, kami juga sedang giat-giatnya mengembangkan objek wisata dengan insentif, baik sarana dan prasarana maupun kenyamanan dari wisatawan.

Jadi, kami berani mengatakan, saat ini Samosir sudah berubah. Dari sektor pariwisata, peningkatannya sangat luarbiasa. Sehingga, kesiapan Samosir tidak ragu lagi dan akan bergerak lebih cepat.

KONTAN: Kapan infrastruktur benar-benar siap?

RAPIDIN: Tahun 2020 jalan sudah bagus semua. Tahun 2019, sisa 21 kilometer perbaikan jalan lingkar luar Samosir dan harus selesai tahun depan.

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru